Pages

Kamis, 18 Januari 2018

Cara membuat dompet dari kulit


7 Langkah Mudah Cara Membuat Dompet Kulit di Rumah


Dompet merupakan tempat menyimpan uang. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, selain menyimpan uang, di dompet pun kita bisa menyimpan banyak barang lain. Mulai dari kartu, foto, kaca, handphone, passport hingga menggantungkan kunci.
Kulit, bahan ini menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan dompet. Baik itu kulit asli maupun sintesis, dinilai lebih berkualitas jika dibandingkan dengan bahan dompet lainnya. Bahannya lebih tahan lama. Warna alaminya pun mampu memberikan kesan yang lebih elegan.
Karakter kulit sebagai bahan baku dompet memang tidak sama, setiap kualitasnya memiliki tingkatan tersendiri. Di tempat pertama, kualitas terbaik dimiliki kulit asli. Kulit asli memiliki tekstur yang lebih fleksible ketika ditekuk, ketahanannya terhadap suhu juga lebih baik. Oleh karena itu, dibanding bahan kulit sintesis, harga dompet dari kulit asli pun pasti lebih mahal.
Dompet dari kulit asli memiliki kesan eksklusif. Selain karena harganya yang mahal, warna dan motifnya yang alami tidak akan sama dengan warna dan motif buatan. Lebih bagus dan mewah.
Di Indonesia, industry pengrajin dompet dari bahan kulit asli sangat banyak dan terus berkembang. Pengerjannya pun tidak sembarang, sangat eksklusif dengan cara handmade. Setiap jahitan dalam dompet tersebut dikerjakan dengan sangat detail.
cara membuat dompet kulit
Beberapa tempat juga menyediakan workshop. Selain memberikan fasilitas pemesanan custom, sesuai permintaan consumen, kita juga bisa datang ke sana untuk belajar langsung cara membuat dompet kulit tersebut. Memilih bahan yang sesuai yang diinginkan, membentuk, dan menjahitnya sendiri.
Namun, bagi yang penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah juga tetap bisa melakukannya. Berikut cara-caranya.
  1. Siapkan Alat dan Bahan
Cara membat dompet kulit sendiri di rumah gampang, asalkan kita memiliki alat dan bahan-bahannya. Antara lain:
  • Kulit
Beli bahan kulit asli ini dari toko terpercaya. Saat ini, banyak juga yang menjualnya secara online. Sebaiknya, beli dalam ukuran yang lebih untuk mempermudah saat memotong polanya.
  • Gunting
  • Pisau
  • Penggaris
  • Pensil
  • Jarum
  • Benang
  • Lem khusus kulit
  • Palu karet
  • Paku atau alat pembuat lubang
  • Gunting Bahan dan Buat Pola
Seperti halnya menjahit pakaian, dalam cara membuat dompet kulit juga diperlukan pola dengan ukuran dan bentuk tertentu, bagian dalam dan luarnya. Potong dulu dalam bentuk lembaran, baru kemudian buat polanya dengan memberikan garis-garis yang menentukan lipatan kulit tersebut saat akan dijahit atau dilem nanti. Oleh karena itu, lebihkan atau beri jarak sekitar 1 cm dari garis yang sudah ditentukan untuk lipatannya tersebut. Kecuali, jika memang tidak memerlukan, maka jarak ini bisa diabaikan.
  • Sayat Pola
Setelah pola terbentuk, menggunakan paku atau pembuat lubang, sayatlah bagian yang sudah ditandai dengan pensil tersebut.
  • Bentuk
Pola yang telah terbentuk bisa langsung kita sempurnakan dengan melipat sesuai tanda yang juga sudah kita buat, baik bagian dalam maupun luarnya.
  • Desain Bagian Dalam
Dalam mendesain bagian dalam, menentukan tempat uang dan kartu, gunakan ukuran uang atau kartu tersebut sebagai patokan ukurannya dengan menempatkan terlebih dahulu di sebelah mana penempatannya.
  • Tempel atau Lem
Untuk membuat tempat-tempat kartu ini, tentu kita harus menempelkan atau merekatkan kulit penutup dengan ukuran yang sesuai di titik atau garis yang sudah ditentukan tersebut agar terbentuk wadah penyimpan kartu tersebut. Jangan lupa, agar lem yang kita gunakan mereka dengan sempurna, ketuk-ketuk dengan palu.
  • Jahit
Agar terlihat sempurna, pada bagian yang sudah kita beri garis hingga diberi rekatan tersebut, kita pun harus menjahitnya. Namun, sebelum mulai menjahit, pastikan kita telah membuat titik-titik jahit terlebih dahulu untuk memudahkan. Jarum yang digunakan untuk menjahit bahan kulit tentu bukan jarum yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian. Tetapi, jarus dan benang khusus.
Jahit dengan rapid ah kuat. Harap diperhatikan saat menyatukan bagian dalam dan luar, karena ada bagian tempat uang, maka bagian atasnya tidak boleh dijahit.
Dompet pun sudah jadi dan bisa langsung kita gunakan.

sumber : https://prelo.co.id/blog/7-langkah-mudah-cara-membuat-dompet-kulit-di-rumah/

0 komentar:

Posting Komentar

1. Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa? coba identifikasi zat sisa yang dikeluarkan oleh tubuhmu!

Tanya Jawab Sistem Ekskresi Permasalahan 1. Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa? coba  identifikasi zat sisa yang dikeluarkan oleh tu...