Pages

Rabu, 26 Juli 2017

kemah budaya daerah 2017

  Kontingen Gunungkidul Raih Juara Umum Kemah Budaya Daerah DIY 2017


Kemah Budaya Daerah DIY 2017 dilaksanakan pada tanggal 21-25 Juli di Bumi Perkemahan Candi Prambanan dengan tema "Nyalakan Semangat Kemandirian Generasi Muda Guna Memperkokoh Identitas dan Jati Diri Bangsa". Kemah Budaya Daerah DIY 2017 diselenggarakan dengan keraja sama dari BPCB DIY(Badan Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta), BPNB DIY (Badan Pelestarian Nilai-Nilai Daerah Istimmewa Yogyakarta), Museum Benteng Vredeburg, dan Kwarda DIY. Tahun ini terdapat 16 giat prestasi yang dilombakan yaitu Giat Prestasi Pembuatan Majalah Dinding 3 Dimensi;  Giat Prestasi Menyanyi Bersama/ Vocal Grup; Giat Prestasi Membaca Puisi Perjuangan; Giat Prestasi Fotografi; Giat Prestasi Masakan Tradisional; Giat Prestasi Dekorasi Temanten Tradisional Jawa (Penjor); Giat Prsetasi Merangkai Peningset Pengantin; Giat Prestasi Macapat; Giat Prestasi Mendongeng; Giat Prestasi Permainan Tradisional; Giat Prestasi Karnaval Budaya; Giat Prestasi Mengenal dan Memakai Pakaian Adat Jogja Beserta Peragaan Pakaian Adat; Giat Prestasi Asah Terampil Pewayangan; Giat Prestasi Menulis dan Membaca Huruf Jawa; Giat Prestasi Pidato Bahasa Jawa(Sesorah); dan Giat Prestasi K3 (Kebersihan, Kerapian, Keindahan). Pemberian peringkat menggunakan sistem medali emas  diberi poin 100, perak diberi poin 50 dan perunggu diberi poin 20. Satu-satunya giat prestasi yang tidak memengaruhi perolehan medali adalah giat prestasi K3.

Pada hari pertama dan kedua terdapat 8 giat prestasi yang dilombakan yaitu, Giat Prestasi Dekorasi Temanten Tradisional Jawa (Penjor),Giat Prestasi Pembuatan Majalah Dinding 3 Dimensi, Giat Prestasi Menyanyi Bersama/ Vocal GrupGiat Prestasi Karnaval Budaya, Giat Prestasi Pidato Bahasa Jawa(sesorah), Giat Prestasi Masakan Tradisional, Giat Prestasi Macapat, dan Giat Prsetasi Merangkai Peningset Pengantin.Hari pertama ditutup oleh keunggulan kontingen Sleman dengan perolehan medali 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu dengan total poin 360.

Pada hari ketiga giat prestasi yang dilombakan adalah Giat Prestasi Mendongeng, Giat Prsetasi Permainan Tradisional, Giat Prestasi Mengenal dan Memakai Pakaian Adat Jogja Beserta Peragaan Pakaian Adat, Giat Prestasi Asah Terampil Pewayangan, dan Giat Prestasi Menulis dan Membaca Huruf Jawa. Meski sempat tertinggal di hari pertama kali kontingen Gunungkidul berhasil menyalip Sleman dengan tambahan 2 emas dan 2 perak jumlah keseluruhan medali yang diperoleh sejak hari pertama adalah 5 emas, 2 perak, 3 perunggu total 680 poin disusul oleh Sleman ditempat kedua dengan 3 emas, 4 perak, 2 perunggu total poin 540, dan kontingen Kota Yogyakarta dengn 3 emas, 1 perak, 2 perunggu total poin 390.

Tiga giat prestasi yang tersisa yaitu, Giat Prestasi Membaca Puisi Perjuangan, Giat Prestasi Fotografi, dan Giat prestasi K3 dilombakan pada hari keempat. Hasil dari ketiga giat prestasi tersebut diumumkan pada upacara penutupan. Hasilnya, Gunung Kidul mendapat 1 emas dan 1 perak, disusul Sleman dengan 1 emas, Kota Yogyakarta dengan 1 perak dan 1 perunggu, dan Kulon Progo dengan 1 perunggu sedangkan juara dari Giat Prestasi K3 adalah kontingen Bantul.

Berikut hasil dari masing-masing giat prestasi


Giat Prestasi
Kulon Progo
Kota Yogyakarta
Sleman
Bantul
Gunungkidul
Majalah
 3 dimensi





Masakan Tradisional





Penjor





Karnaval Budaya





Vocal Group





Macapat





Sesorah





Peningset





Permainan Tradisional





Pakaian Adat





Mendongeng





Baca Tulis Aksara Jawa





Pewayangan





Fotografi





Baca Puisi







Keterangan

Emas

Perak

Perunggu

Dari hasil di atas berikut total perolehan medali masing-masing kontingen


Peringkat
Kontingen
Emas
Perak
Perunggu
Total Poin
1
Gunung Kidul
VI
III
III
810
2
Sleman
IV
IV
IV
680
3
Kota Yogyakarta
III
II
III
460
4
Kulon Progo
II
III
V
450
5
Bantul

III

150


Dengan hasil di atas maka kontingen Gunungkidul berhasil menjadi juara umum Kemah Budaya Daerah DIY 2017 dan membawa pulang piala bergilir Kemah Budaya.

Demikian postingan saya bila ada salah mohon maaf.



0 komentar:

Posting Komentar

1. Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa? coba identifikasi zat sisa yang dikeluarkan oleh tubuhmu!

Tanya Jawab Sistem Ekskresi Permasalahan 1. Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa? coba  identifikasi zat sisa yang dikeluarkan oleh tu...